Jumat, 19 September 2014

TEKNOLOGI YANG ADA DI REM

TEKNOLOGI YANG ADA DI REM

Rem merupakan salah satu komponen yang tidak dapat terpisahkan saat kita mengendarai kendaraan bermotor.rem berfungsi memperlambat laju kendaraan hingga kendaraan berhenti total.dan semakin perkembangan zaman.fungsi rem saat ini bukan hanya sekedar pengaman untuk menghentikan laju kendaraan.tapi juga untuk menambah nilai kenyaman dari mobil tersebut.
Berikut ini beberapa fitur yang ada dikendaraan saat ini :
·         ABS
ABS adalah kepanjangan dari anti-lock brake sytem. Jika dilihat dari kepanjangannya pasti membuat anda tidak ingin menanamkan fitur ini,karena bagaimana cara kerja rem jika tidak mengunci kampas rem ke disc rem.anti-lock disni bukan berfungsi untuk hal tersebut,namun untuk mencegah rem menguci saat pengereman.karena apabila rem menguci,ban akan tergelincir.ABS mencegah dengan cara melepas sesaat pengereman saat roda mulai tergelincir agar pengereman lebih optimal





·         BA(Brake Assist)
Fitur yang satu ini berguna saat pengemudi melakukan pengereman mendadak.dimana pengemudi  menghentikan kendaraan secara mendadak karena ingin menghindar dari tabrakan.saat menginjak pedal rem secara mendadak tersebut pastilah pengemudi tidak bisa menginjak pedal rem secara penuh karena waktu yang sempit.dan saat inilah brake assist bekerja.ketika pedal rem baru di injak ¼ dari gerakan pedal,brake assist menambahkan tekanan minyak rem ke dalam master silinder sebesar 3 kali lipat dari yang ditekan pengemudi dengan bantuan sensor.




·         VSC(vehicle stability control)
Fitur pengereman yang satu ini lebih mengarah kenyaman pengemudi.sistem bekerja saat kendaraan belok ke kiri atau kekanan.kita ambil contoh.saat kendaraan belok kekiri,disc brake depan dan belakang sebelah kiri melakukan pengereman tanpa si pengemudi menginjak pedal rem.ini berfungsi agar pengemudi atau penumpang merasakan miring kea rah kanan karena efek dari membelok ke sebelah kiri.karena kendaraan dibuat tetap stabil saat membelok.


·         TRC(Traciont)
Mengunci sesaat ban penggerak agar tidak slip saat dilakukan gas mendadak ataupun ditempat yang jalannya licin seperti tertutup es atau salju.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar